Revisi Karya Masterpiece kelompok 10
Video Iklan Pelayanan Masyarakat (Dilarang Merokok!)
Latar Belakang
Latar belakang kelompok
memilih untuk membuat iklan pelayanan masyarakat ini bermula dari salah satu
anggota melihat bahwa ada beberapa anak pengamen jalanan yang sudah merokok
walaupun usia mereka masih sangat muda. Sehingga untuk mengubah pemikiran
mereka dari kecil dibutuhkan iklan atau video tentang bahaya rokok yang harus sering
mereka tonton,sehhingga nantinya mereka sama sekali tidak menyentuh rokok
karena sudah mengetahui dampaknya bagi kesehatan.
Merokok adalah salah satu fenomena yang sering terjadi. Jika
seseorang mencoba untuk merokok kemungkinan untuk batuk lebih cepat dua kali.
Perasaan tidak menyenangkan danbahkan mungkin mengalami mual. Berdasarkan hal
ini, seharusnya kita sadar bahwa merokok hanya memiliki dampak negative bagi
kesehatan. Tetapi mengapa banyak orang merokok?
Faktor
psikososial merupakan factor utama yang mendorong remaja untuk mulai
merokok.Sebagai contoh, remaja yang kurang memahami bahaya dari rokok dan hanya
melihat efek positifnya cenderung untuk memulai kebiasaan merokok.
Merokok cenderung dilanjutkan atau meningkat jika remaja:
1. Memiliki salah satu orang tua yang perokok
2. Melihat orang tua mereka tidak peduli jika
mereka merokok
3. Bergaul dengan teman yang perokok dan
banyak menghabiskan waktu dengan mereka
4. Nakal, pemberontak dan memiliki motivasi
yang rendah untuk sekolah
5. Menerima iklan rokok, misalnya memilih
salah satu merek rokok sebagai faforit
6. Tekanan dari teman sebaya agar merokok
7. Tidak percaya bahwa rokok berbahaya bagi
kesehatan
8. Memiliki sikap positif terhadap rokok,
misalnya “ saya menjadi lebih tenang dengan merokok”
9. Percaya bahwa mereka mampu menghentikan
kecanduan jika mereka ingin.
Salah satu penguatan negatif yang
mempengaruhi individu untuk tetap merokok adalah mereka menganggap bahwa
merokok merupakan sarana yang digunakan untuk mengatasi stress atau untuk
menenangkan pikiran dari emosi negative (Baker et al., 2004). Merokok juga
terkait dengan stress dimana semakin besar stress yang dirasakan perokok maka intensitas
untuk merokok akan semakin tinggi pula (Wills, 1986). Perokok juga
mengungkapkan bahwa dengan merokok perasaan cemas mereka akan berkurang dan
mereka merasa memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengekspresikan
pendapat mereka di depan orang banyak.
Berdasarkan pernyataan diatas dapat diuraikan bahwa remaja merokok disebabkan
oleh faktor psikososial, lingkungan yang membuat remaja memiliki nilai
dan pemikiran positif terhadap rokok, menerima iklan rokok, tidak menghiraukan
peringatan bahaya dari rorok yang dapat menggangu kesehatan remaja maupu
perokok. Berdasarkan data di atas kelompok ingin memberikan penyuluhan berupa
iklan layanan masyarakat yang disertai video-video yang diharapkan
dapat merubah kebiasaan ataupun pemikiran mereka tentang merokok.
Tahap Empat P dalam Pembuatan Video Iklan Pelayanan Masyarakat
-
Pribadi
Setiap anggota kelompok harus bsia berfikir
untuk menyumbangkan ide kreatif yang bisa dituangkan dalam sebuah produk/hasil.
Pribadi yang kreatif akan memberikan ide yang diluar dari pemikiran orang lain.
Dalam hal ini kelompok mengidentifikasi pribadi setiap anggota kelompok 10. Dan
muncul lah beberapa ide dari pemikiran kami. Inilah beberapa contoh ide
sebelumnya, membuat drama, membuat konser kecil-kecil an, teatrikal puisi, dan
membuat video pelayanan masyarakat.
-
Press
Dorongan dalam menciptakan sebuah kreatvitas.
Dorongan ada dua yaitu eksternal dan internal. Dalam membuat tugas ini, anggota
kelompok dipengaruhi oleh kedua press tersebut. Dimana dalam memunculkan ide
untuk membuat sebuah karya kreativitas ini diperlukan dorongan dari dalam diri,
seperti kemauan untuk menciptakan sebuah karya tersebut. Dorongan dari luar
adalah dari lingkungan, dimana pemilihan karya yang akan dibuat ditentukan dari
musyawarah,dalam musyawarah itu kami saling mendengar pendapat anggota lain,
alasan mengapa memilih ingin membuat karya tersebut. Sehingga pilihan jatuh
kepada membuat video pelayanan tentang bahaya merokok.
-
Proses
Proses pembuatan video iklan pelayanan
tentang bahaya merokok ini memakan waktu sekitar 5 hari. Berikut akan kami
sebutkan alat & bahan yang digunakan serta cara membuatnya.
ALAT & BAHAN
1. Handphone (yang bisa merekam video)\
2. Laptop
PROSES
1. Setiap anggota masing-masing mencari video
yang berkaitan dengan rokok dan bahayanya.
2. Kemudian masing-masing anggota juga mencari
gambar tentang dilarang merokok.
3. Setelah terkumpul dan tersaring dari gambar
dan video, kita akan masuk ke bagian editing.
4. Dalam hal editing, resi bertugas untuk
mengedit video & gambar yang telah dipilih , kemudian mengedit video
menjadi potongan video yang ingin digabungkan. Setelah itu resi mengatur gambar
sebagai pembuka dari video ini. Dalam pemilihan urutan ini pun kelompok
merembukkannya terlebih dahulu. Setelah terpilih barulah resi mengedit dan
menyatukan gambar dan video tersebut menjadi sebuah video iklan yang isinya
tentang : gambar-gambar yang memperingati untuk tidak merokok, dilanjutkan
dengan video yang berisi tentang kandungan rokok dan bahayanya, kemudia dampak
dari rokok. Dan sebagai penutup kami masukkan video yang sedikit menggelitik
tentang orang-orang yang tidak sadar akan asap rokok dari rokok mereka yang
menyebar dan membahayakan orang lain.
5. Setelah itu kami sama-sama memilih lagu yang
berfungsi sebagai soundtrack dari
video ini. Dan akhrinya terpilih lagu clock by coldplay.
6. Dan akhirnya setelah selesai semuanya, resi mengupload
video ini ke youtube dan bisa dilihat di
-
Produk
Setelah mengerjakan semua tahap-tahapnya, maka kelompok 10 bisa menghasilkan sebuah karya yaitu berupa video iklan pelayanan masyarakat tentang bahaya merokok.
Review dari Bu Dina :
-
Karya yang
ditampilkan tidak terlihat di konsep yang sudah di posting di blog tentang bagaimana cara pengerjaannya. Tidak ada teori
kreativitas yang berkaitan dengan pengerjaan.
- Tata tulis konsep di blog tidak bagus dan berantakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar